iklan

mengenal menu menu dalam microsoft power point

mengenal menu menu dalam microsoft power point

Microsoft Power Point merupakan Program bawaan dari Microsoft Office yang sangat popular. Bahkan bagi seorang yang masuk dunia kerja wajib bisa menguasai Program ini, Program ini dibuat khusus untuk presentasi , yang dimaksud presentasi adalah penyuguhan slide perslide, dimana kita bisa mengisi tiap slide dengan animasi, suara dan grafik. Untuk lebih jelasnya kita akan mempelajari lebih lanjut tentang Power Point.

Mengenal Microsoft Power Point
Clipboard

1. Paste
Fungsi dari paste disini sama dengan Microsoft Word ataupun Excel, sebagai pelengkap Copy ataupun Cut.

2. Format Painter
Format Painter berfungsi untuk meniru format dari bagian tertentu kemudian memindahkannya ke bagian yang dituju, untuk menggunakan ini caranya adalah dengan meletakkan pointer di bagian yang akan kita copy formatnya, kemudian mengklik Format Painter , dan kemudian meletakkan Format Painter ke dalam bagian yang akan kita samakan dengan format yang kita Copy tadi.

3. Fungsi Cut
Berfungsi untuk memotong bagian tertentu, dan memasukkan nya ke dalam clipbord, untuk mengeluarkannya kembali kita gunakan Paste setelah itu.

slide

1. New Slide

New Slide berfungsi untuk menambah slide baru, slide merupakan bentuk atau tempat untuk meletakkan presentasi kita, perhatikan gambar dibawah ini gambar dibawah ini tidak menampilkan satu slide presentasipun, sehingga ditengah-tengah layar dituliskan “ Click to add  first slide”

Mengenal Microsoft Power Point

Kemudian kita Klik pada tepat tulisan “ Click To add first slide” maka akanada satu slide baru yang aktif, dan untuk dan slide pertama kita merupakan tempat untuk memberi informasi tentang presetasi pertama kita. Perhatikan gambar dibawah ini satu slide presentasi telah aktif.

Mengenal Microsoft Power Point

2. Layout

Layout adalah tempat untuk mengatur tata letak suatu presentasi, ada bermacam macam Lay out yang perlu kita ketahui, cara untuk memilih Layout adalah dengan menekan tanda segitiga kebawah pada menu layout seperti gambar dibawah ini.

Mengenal Microsoft Power Point

Pada gambar Layout diatas terdapat sembilan pemilihan Layout masing masing mempunyai fungsinya masing masing, Title slide cocok untuk mengenalkan judul di awal presentasi, kemudian ada menu Title and Content cocok untuk mempresentasikan antar judul dan konten presentasi yang akan kita bahas, kemudian ada section Header ini berfungsi sebagai isi lanjutan dari preentasi sebelumnya, two Content untuk menyakikan dua isi materi presentasi, comparison untuk membandingkan dua macam topik/bahan yang akan dipresentasikan, kemudian ada title only berguna untuk mempresentasikan judul, Blank untuk memberi slide kosong sehingga kita dapat memodifikasinya, Content with Caption untuk mempresentasikan isi dengan captionnya dan picture with caption untuk mepresentasikan gambar dengan jelas.

3. Menu  Reset

Menu ini berfungsi untuk meghilangkan semua design dari slide yang telah kita buat dan mengembalikannya ke bentuk asli semula, atau sesuai dengan bawaan Microsoft Power Point

4. Menu Delete.

Disini sudah sangat jelas, fungsi dari menu Delete adalah untuk menghapus slide yang kita pilih.

Menu Font dalam Microsoft Power Point

.
Menu Font dalam Microsoft Power Point digunakan untuk mendesain huruf, huruf yang kita desain ada bermacam-macam. Misalnya saja ukuran, warna, jenis dan lain lain . perhatikan gambar dibawah ini
Mengenal Microsoft Power Point
Gambar 1 menunjukkan jenis font atau huruf yang akan kita gunakan, dalam Microsoft Power Point ada banyak sekali jenis Font yang disediakan, kita tinggal memilihnya caranya seperti biasa tekan tombol Segitiga ke bawah pada pilihan Font tersebut, kemudian pilihlah jenis huruf kita tinggal mengkliknya untuk memilih jenis font tersebut. Dalam gambar 1 bagian kanan ada angka, angka ini menunjukkan ukuran Font yang akan kita buat, semakin tinggi angka dalam kotakan tersebut maka semakin besar ukuran huruf yang ada.

Pada gambar 2 kita disuguhkan dengan dua Huruf A, huruf yang ada disebelah kiri menunjukkan kalau huruf itu akan semakin besar kalau kita mengklik nya, caranya dengan mudah yaitu kita tinggal Blok huruf yang akan kita perbesar, kemudian klik tombol A yang ada disebelah kiri, huruf A yang ada di sebelah kanan juga sama, caranya kita tinggal mengeblok huruf terserbut dan mengklik huruf disebelah kiri A tersebut, maka huruf yang kita blok tadi akan semakin mengecil.

Pada bagian No 3 ada empat kotak yaitu kotak dengan huruf B,I, U, dan abc bagi setiap orang yang sudah familiar dengan program Office bawaan Microsoft, pasti sudah akrab dengan gambar tersebut, ya benar sekali untuk lambang B merupkan tanda untuk membuat huruf yang kita ketik menjadi huruf besar, sedangkan untuk I adalah lambang untuk huruf miring, fungsi dari huruf miring tersebut adalah untuk membuat ketikan huruf yang akan kita ketik menjadi huruf miring, sedangkan lambang huruf U adalah untuk membuat huruf yang kita ketik menjadi bergaris bawah. Sedangkan untuk tanda huruf abc yang bergaris tengah berfungsi untuk membuat huruf yang kita buat akan menjadi garis tengah.

Pada bagian no 4 disitu ada kotakan dengan huruf S, fungsi dari menu ini adalah untuk membuat huruf yang kita ketik terdapat bayangan, cara untuk mengaktifkannya adalah dengan memblok tulisan yang akan kita buat bayangan, kemudian kita klik tanda tersebut, atau kita ketik tanda tersebut kemudian kita ketik maka huruf yang kita ketik tadi akan terdapat efek yang berbayang.
Pada bagian gambar no 5 merupakan menu yang digunakan untuk mengatur jarak antar huruf dalam suatu kalimat, perhatikan gambar dibawah ini

Mengenal Microsoft Power Point
Dalam kalimat diatas dilihatkan ada beberapa bentuk jarak antar spasi yaitu Very Tight, Tight, Normal, Loose dan very Loose, More Spacing,
  • Very Tight akan membuat huruf yang kita tulis jadi sangat berdekatan
  • Tight akan membuat huruf yang kita tulis jadi berdekatan
  • Normal membuat huruf yang kita tulis akan normal, maksudnya adalah tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh
  • Loose akan membuat tulisan huruf yang kita tulis akan sedikit renggang.
  • Very loose akan membuat tulisan yang jarak hurufnya  aka sangat renggang.
Sedangkan untuk More Spacing akan membuat jarak antar huruf sesuai dengan keinginan kita, maksudnya kita akan mengatur sendiri jarak antar huruf dengan menu ini.
Pada gambar bagaian no 6 dinamakan menu Change Chase, disini maksudnya Change Chase digunakan untuk merubah huruf yang kita ketik menjadi huruf kapital atau huruf tidak, caranya dengan memblok huruf kita kemudian kita klik menu tersebut.

Untuk gambar no 7 dinamakan menu Clear all formating, menu ini berfungsi untuk menghilangkan semua format tulisan yang telah kita buat dan menjadikanya seperti awal bawaan dari microsoft word, menggunakan menu ini meruapakan sangat mudah, kita tinggal memblok huruf atau tulisan yang akan kita buat, kemudian kita tekan menu ini maka huruf-huruf yang telah kita desain akan menjadi seperti semula.

Pada gambar no 8 adalah sebuah menu yang digunakan untuk memberi warna pada tulisan yang akan kita buat, dan unutk membuat warna tersebut caranya adalah dengan memblok tulisan yang telah kita buat, kemudian kloik pemilihan warna tersebut, dan kita juga bisa merubah warna tulisan yang belum kita tulis, caranya dengan memilih warna kemudian kita baru menuliskan tulisan.

MENU PARAGRAPH


Menu Paragraph dalam Microsoft Power Point memang khusus didesain untuk mendesain paragraph dalam slide, dan akan tetapi menu dalam paragraph juga tidak jauh berbeda dengan yang ada di Microsoft Word, dalam Menu paragraph di microsoft power point juga terdapat menu rata kanan, rata kiri, rata tengah, rata kanan kiri, bullets dan numbering, kolom , dan pengaturan jarak antar spasi. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut dan juga penjelasannya.
Mengenal Microsoft Power Point

1. Pada menu no 1 diatas, adalah menu Bullets yang digunakan untuk memberi bulletts tiap daftarnya. Dan untuk bulletts ini dalam microsoft Power Point juga terdapat beberapa macam pilihan yang dapat digunakan. Dan untuk memilih cara penggunaannya adalah dengan mengklik tanda segitiga yang mengarah ke bawah. Dan pilihannaya ada beberapa macam diantaranya adalah sebagai berikut seperti dalam gambar.

Mengenal Microsoft Power Point

2. Pada Menu no 2 diatas adalah menu penomoran, untuk menu ini digunakan untuk memberi nomor dalam daftar,sama halnya dengan penomoran yang ada di microsoft word, cara penggunaan penomoran ini sama dengan yang ada di dalam Microsoft Word. Dibawah ini digambarkan penomoran dalam microsoft Power Point.

Mengenal Microsoft Power Point

3. Pada menu no 3 digukan untuk mengurangi atau menambah tingkatan/ Level kalimat ,

4. Pada gambar no 4 digunakan untuk mengatur jarak spasi antara kalimat, cara pemakainnya sama dengan yang ada di microsoft Word, kita tinggal mengklik nya kemudian kalimat yang kita ketik akan berjarak Spasi seperti yang tertulis, atau pun kalau tulisan yang telah kita ketik tersebut kita juga dapat mengatur jarak spasinya, caranya adalah dengan memblok terlebih dahulu kemudian baru mengaturnya.

5. Pada Menu Paragraph yang ke 5 dan 6 adalah menu tentang Text direction atau arah teks yangtelah kita tulis, kita dapat merubah bermacam macam arah dalam Microsoft Power Point, untuk lebih mudahnya perhatikan gambar dibawah ini ,

Mengenal Microsoft Power Point

6. Pada gambar diatas dijelaskan tentang berbagai macam cara untuk dapat mengatur Teks yaitu Horizontal, Rotate all text 90 0 memutar tulisan 270 0 dan membuat tulisan huruf berurutan dari atas ke bawah.

7.  Pada nomer 7 adalah menu mengenai pengaturan tata letak dalam urusan penempatan tulisan dalam kotakan slide, ini disebut menu alignment, pengaturanya tulisan tersebut dapat berada di tengah, atas ataupun bawah tulisan. Seperti gambar berikut ini

8. Untuk no 8 adalah penggunaan smart chart grafik adalah untuk membuat sebuah list data mejadi bentuk chart, tujuannya adalah untuk mempercantik tulisan sehigga pihak yang audience mungkin akan merasa lebih tertarik terhadap slide presentasi kita. Gambar berikut adalah contoh contoh Chart yang ada di Microsoft Office power point.

Mengenal Microsoft Power Point

9. Pada gambar no 9 yaitu gambar mengenai pengaturan Colom, setiap Slide yang akan kita tayangkan bisa diatur jumlah kolomnya, seperti pada Microsoft Word dalam Program Microsoft Power Point juga mengatur adanya program untuk pengaturan kolom.


10. Untuk gambar no 10, dijelaskan bahwa Microsoft Power Point memang mempunyai fitur yang hampir sama dengan Microsoft Word, dalam Microsoft Power Point memang sudah ada beberapa menu untuk mengatur rata kanan, rata kiri, rata kanan kiri dan rata tengah.

Menu Drawing dalam Microsoft Power Point


Mengenal Microsoft Power Point

Shape


Menu shape digunakan untuk memberikan gambar yang sudah disediakan oleh Microsoft Power Point kedalam slide presentasi, gambar itu bisa berupa kotakan, segitiga,lingkaran dan lain sebagainya, dalam Menu Shape ini juga terdapat text box , untuk lebih jelasnya lihatlah gambar dibawah ini untuk lebih memahaminya.
 
Mengenal Microsoft Power Point

ARRANGE


Menu arrange digunakan untuk mengurutkan object dalam slide power point, object tersebut dapat berupa gambar, tulisan ataupun text box. Perhatikan gambar dibawah ini. Bring To Front maksudnya adalah meletakkan gambar tersebut ke paling atas, Sent Back maksudnya adalah meletakkan objek yang kita pilih satu langkah ke belakang, Bring Forward maksudnya adalah membawa objek yang kita pilih ke paling depan, Send Backward maksudnya adalah meletakkan objek yang kita pilih ke belakang satu tingkat.

Mengenal Microsoft Power Point

Quick Style


Maksud dari Quic style adalah mendesain slide secara cepat, desain dari slide  itu merupakan bawaan dari Microsoft power point.

Shape fill


Shape fill adalah untuk mengisi shape yang telah kita buat, kita dapat mingisi shape tersebut dengan warna, gambar, pattern ataupun gradien.
Mengenal Microsoft Power Point

Shape outline


Shape outline diguakan untuk menentukan jenis, warna lebar dan bentuk outine dari shape.perhatikan gambar berikut untuk melihat beberapa shape outline yang telah disediakan oleh microsoft power point.
Mengenal Microsoft Power Point

Shape effects



Mengenal Microsoft Power Point

Menu ini digunakan untuk memberikan effects pada shape yang telah kita buat, ada beberapa macam shape effects yang telah disediakan oleh microsoft Power Point

0 Response to "mengenal menu menu dalam microsoft power point"

Post a Comment

iklan