iklan

Fungsi IF dalam Microsoft Excel

Fungsi IF dalam Microsoft Excel

Fungsi IF dalam Microsoft Excel

Fungsi IF digunakan untuk menghasilkan suatu kondisi dalam keadaan atau syarat tertentu. Fungsi ini termasuk dalam fungsi yang paling penting dalam Microsoft Excel.

Penulisan Fungsi If dalam Microsoft Excel adalah seperti berikut

= IF( Kondisi ; “Nilai jika Kondisi Benar”;”Nilai Jika Kondisi salah”)

Contoh penggunaan Fungsi IF dalam Kehidupan sehari hari yang sering sekali keluar adalah untuk menentukan criteria tuntas atau tidak tuntas siswa yang ditentukan dengan syarat kondisi nilai tertentu. Untuk lebih jalasnya perhatikan gambar dibawah ini .

Fungsi IF dalam Microsoft Excel

Pada gambar diatas isilah kolom Keterangan. Dengan ketentuan sebagai berikut. Untuk kolom keterangan kita isi dengan Lulus dan Tidak Lulus. Cara untuk membuat criteria dari Lulus dan tidak lulus adalah siswa dengan nillai diatas 65 maka siswa tersebut akan lulus, sedangkan siswa dengan nilai dibawah 65 maka siswa tersebut tidak lulus. Rumus Fungsi If yang digunakan adalah sebagai berikut .

=IF(B2>65,"Lulus","Tidak Lulus")

Tulislah rumus tersebut kedalam cell C2, setelah itu tekan tombol enter sehingga akan muncul seperti pada gambar dibawah ini .

Fungsi IF dalam Microsoft Excel

Setelah itu Drag Lah kebawah sehingga akan mengsilkan seperti pada gambar dibawah ini, cara mendrag letakkan Pointer Mouse pada pojok kanan kolom C2 sehingga membentuk tombol + setelah itu tekan jangan lepaskan ke bawah. Hasil akhir dari penggunaan Fungsi IF akan seperti pada gambar dibawah ini.

Fungsi IF dalam Microsoft Excel

kalau kita perlihatkan rumus dari penggunaan fungsi if tersebut akan nampak rumusnya seperti pada gambar dibawah ini

Nama
Nilai
keterangan
Agus 90 =IF(B2>65,"Lulus","Tidak Lulus")
Andi 80 =IF(B3>65,"Lulus","Tidak Lulus")
Topan 70 =IF(B4>65,"Lulus","Tidak Lulus")
Zainal 65 =IF(B5>65,"Lulus","Tidak Lulus")
Zaiful 55 =IF(B6>65,"Lulus","Tidak Lulus")
Zulfa 60 =IF(B7>65,"Lulus","Tidak Lulus")

Untuk Bisa lebih Memahami Penggunaan Fungsi IF dalam Microsoft Excel. Kerjakan Soal seperti pada gambar dibawah ini. Kerjakan dengan menggunakan Fungsi IF,

isilah Kolom Diskon dan Total bayar dengan menggunakan fungsi IF dengan ketentuan seperti ini untuk Diskon jika biaya yang dikeluarkan adalah lebih dari Rp.200.000 maka diskonnya adalah 10 %, sedangkan untuk total Bayar maka diisi dengan ketentuan Biaya dikurangi dengan Diskon, gunakan rumus Fungsi IF seperti ini

Fungsi IF dalam Microsoft Excel

Setelah Itu tekanlah enter dan Drag Kebawah. Isilah juga Kolam total bayar dengan ketentuan Biaya dikurangi diskon. Hasil akhir dari latihan Penggunaan fungsi If dalam Kehidupan sehari hari adalah seperti pada gambar dibawah ini .

Fungsi IF dalam Microsoft Excel

setelah mempelajari fungsi IF dalam microsoft excel anda dapat melanjutkan mempelajari perpaduan Fungsi IF, diantaranya IF And, If or , Sum IF , sumifs, dan countif

0 Response to "Fungsi IF dalam Microsoft Excel"

Post a Comment

iklan