iklan

Fungsi Rank dalam Microsoft Excel

Fungsi Rank dalam Microsoft Excel

Fungsi Rank dalam Microsoft Excel

Fungsi Rank dalam Microsoft Excel digunakan untuk menentukan peringkat dari range tertentu, peringkat tersebut dapat berupa dari nilai tertinggi sampai terendah, atau dari terendah ke nilai tertinggi. Untuk lebih memahami tentang fungi RANK dalam Microsoft Excel, perhatikan gambar dibawah ini

Fungsi Rank dalam Microsoft Excel

Di jaman sekarang ini kita tidak mungkin meranking peringkat kelas seperti pada gambar diatas dengan manul. Untuk mempercepat pekerjaan kita gunakanlah fungsi Rank dalam Microsoft Excel. Rumus penggunaan fungsi Rank Microsoft Excel adalah sebagai berikut.

=RANK(cell, referensi,urutan)

Cell maksudnya adalah salah satu dari cell dalam range yang akan diranking, referensi adalah sumnber untuk pembuatan ranking untuk menentukan urutan ke berapa cell tersebut, sedangkan urutan maksudnya adalah urutan tersebut dari besar ke kecil atau kecil ke besar, untuk besar ke kecil gunakan angka 0 sedangkan kecil ke besar gunakan angka 1

Untuk kasus seperti gambar diatas penulisan fungsi Rank adalah sebagai berikut =RANK(C2,$C$2:$C$15,0) ingat penggunaan sumber referensi harus mutlak yaitu dengan menggunakan F4 pada Keybord. Harus berupa seperti ini $C$2:$C$15, jangan sampai seperti ini C2:C15, karena akan berpengaruh ke bawahnya. Perhatikan gambar dibawah ini.

Fungsi Rank dalam Microsoft Excel

Setelah itu tekan Enter, kemudian seperti biasa letakkan mouse pada pojok kanan sehingga membentuk tanda plus, setelah itu drag lah kebawah. Sehingga hasil akhirnya seperti pada gambar dibawah ini.

Fungsi Rank dalam Microsoft Excel

Untuk mematikan apakah sudah benar dalam penggunaan fungsi Rank dalam Microsoft Excel, berikut ini saya perlihatkan rumusnya,

Fungsi Rank dalam Microsoft Excel

0 Response to "Fungsi Rank dalam Microsoft Excel"

Post a Comment

iklan