iklan

Fungsi VLOOKUP dalam Microsoft excel

Fungsi VLOOKUP dalam Microsoft excel

Fungsi VLOOKUP dalam Microsoft excel

Fungsi VLOOKUP dalam Microsoft excel adalah sebuah fungsi yang digunakan untuk melakukan pencarian pasangan nilai dari suatu nilai kunci ke suatu table/data range sebagai referensi. Sebenarnya untuk data yang sederhana dapat digunakan dengan fungsi IF, akan tetapi untuk dapat yang sangat banyak lebih banyak menggunakan fungsi VLOOKUP, untuk memahami tentang Fungsi VLOOKUP dalam Microsoft Excel perhatikan gambar dibawah ini.

Fungsi VLOOKUP dalam Microsoft excel

Untuk mengisi kolom Jurusan dan tempat tanggal lahir, kita tidak mungkin mengisinya dengan Manual, kita dapat mengisinya dengan menggunakan fungsi VLOOKUP, cara penulisan rumus VLOOKUP pada Microsoft Excel adalah sebagai berikut.

= VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, range_lookup)

Penjelasan dari rumus diatas adalah lookup value berarti adalah asal dari kode yang akan dicari dalam hal ini adalah kolom C, table array adalah sebuah table yang berisi data yang akan kita cari, sedangkan kolom Index adalah sebuah nomer table pada table sumber data, sendangkan range ada dua yaiut 0 dan 1, kalau untuk 0 berarti data harus sama, kalu satu akan mencari data pendekatannya. Untuk lebih memahami tentang fungsi VLOOKUP pada Microsoft Excel , perhatikan gambar dibawah ini.

Fungsi VLOOKUP dalam Microsoft excel

Rumus yang digunakan adalah =VLOOKUP(C3,$I$4:$J$9,2,0), penjelasannya seperti ini C3 merupakan kolom yang akan cari datanya, sedangkan $I$4:$J$9 adalah table yang akan kita jadikan sumber, ada tanta $ yang berarti adalah absolute, sedangkan 2 adalah kolom tempat jurusan kita cari kolom ke dua dari kiri, sedangkan angka 0 merupakan nilai harus serasi. Setelah meselai menuliskan rumus dengan benar, maka tinggal tekan Enter saja, setelah itu biasa drag lah kebawah. Sehingga hasilnya akan seperti pada gambar dibawah ini .

Fungsi VLOOKUP dalam Microsoft excel

Untuk pengisian Tempat tanggal lahir, caranya hampir sama dengan pengisian Jurusan, kita dapat menggunakan fungsi VLOOKUP dalam Microsoft Excel. Untuk lebih memahami tentang penggunaan Vlookup pada Microsoft Excel perhatikan gambar dibawah ini

Rumus yang digunakan adalah =VLOOKUP(D3,$I$12:$J$17,2,0) maksudnya adalah D3 sebagai asal dari data yang akan kita cari, ,$I$12:$J$17 adalah table sebagai sumber dari fungsi VLOOKUP pada Microsoft Excel, sedangkan 2 adalah table kolom ke kiri sebagai sumbernya , sedangkan angka o adalah angka mutlak. Setelah menulisnya dengan benar. Hasil penggunakan VLOOKUP pada Microsoft Excel akan tampak seperti pada gambar dibawah ini.

Fungsi VLOOKUP dalam Microsoft excel

Pastikan penulisan rumus dari penggunaan VLOOKUP pada Microsoft Excel, berikut ini saya tampilkan rumus Penggunaan VLOOKUP dalam Microsoft Excel yang benar .

Fungsi VLOOKUP dalam Microsoft excel

0 Response to "Fungsi VLOOKUP dalam Microsoft excel"

Post a Comment

iklan