iklan

Pivot Table dalam Microsoft excel

Pivot Table dalam Microsoft excel

Pivot Table dalam Microsoft excel

Pivot table adalah sebuah table khusus yang marangkum informasi dari beberapa kolom tertentu dari sebuah sumber data. Data yang akan disajikan dalam Pivot table akan lebih sederhana, sehingga informasi yang dulunya kompleks dengan menggunakan Pivot Table akan menjadi lebih sederhana. Untuk lebih memahami lebih tentang Pivot Table dalam Microsoft excel perhatikan gambar dibawah ini.

Pivot Table dalam Microsoft excel

Misalkan saja disajakan data seperti data diatas. Nah kita dituntut untuk membuat sebuah ringkasan dari data diatas, kita ingin menyajikan data yang lebih simple berupa Produk tertentu atau pun kota tertentu, untuk proses penyederhanaan kita bisa menggunakan Pivot Table dalam Microsoft excel. Kita praktekkan saja langsung data Pivot Table dalam Microsoft Excel yaitu sebagai berikut.

1. Klik insert kemudian klik Pivot Table, seperti pada gambar dibawah ini.

Pivot Table dalam Microsoft excel

2. Setelah itu muncul gambar dibawah ini. Penjelasannya ada dibawahnya.

Untuk pemilihan Choose a table or range, kita pilih select a table range, Table/Range kita isikan dengan memblok table yang akan kita gunakan menjadi Pivot Table. Untuk yang pilihan Choose where you want the PivotTable report maksudnya adalah kita akan memilih dimana kita akan meletakkan worksheet yang kita buat pilih, kalau kita memilih New Worksheet maka akan muncul di Worksheet baru, sedangkan kalau kita memilih Existing Worksheet akan berada pada worksheet yang sedang kita gunakan. Kita pilih saja Existing worksheet. Setelah kita menyetting pivot table dengan benar. Nanti hasilnya akan Nampak seperti pada gambar dibawah ini.

Pivot Table dalam Microsoft excel

3. Kemudian klik Ok, akan muncul gambar seperti ini,

Pivot Table dalam Microsoft excel

Page Fields digunakan untuk menempatkan judul list yang kita miliki Column Fields digunakan untuk menempatkan Field – field header yang akan ditampilkan dalam kolom Row Fields digunakan untuk menempatkan field field header yang akan ditampilkan dalam baris. Data Items digunakan untuk menempatkan data yang akan dikategorikan berdasarkan column Field dan Row Field. . untuk membuat laporan sederhana PIVOT TABLE PADA MICROSOFT EXCEL drag saja daerah, Produk, dan Nilai Penjualan ke tempat pilihan Report Filter, Column Labels, Row Labels dan Values sehingga akan muncul seperti pada gambar dibawah ini.

Pivot Table dalam Microsoft excel

Kalau kita menyetting Pivot table dalam Microsoft Excel seperti pada gambar diatas maka hasilnya akan tampak sebagai berikut.

Dalam gambar diatas adalah penyederhanaan data Daerah pada sebelah kiri dan jumlah dari uang yang digunakan adalah sebelah kanan. Seumpamanya data kita gunakan seperti pada gambar dibawah ini,

Pivot Table dalam Microsoft excel

Cermati perubahan Pivot Table dalam Microsoft Excel.

0 Response to "Pivot Table dalam Microsoft excel "

Post a Comment

iklan