iklan

Cara merawat hardisk pada Komputer/Laptop agar tahan lama

Hardisk adalah sebuah perangkat keras yang sangat mudah rusak, semua orang mengetahui bagaimana pentingnya Hardisk. oleh karena itu selagi hardisk kalian belum mengalami kerusakan tidak ada salahnya kalian melakukan perawatan agar hardisk pada Komputer/Laptop anda tidak mudah rusak. Hardisk adalah salah satu kompenen pada Hardware yang berputar, karena cara kerja hardisk ini berputar otomatis akan cepat mengalami kerusakan, kalau dibandingkan dengan RAM dan CPU, biasanya yang paling sering mengalami kerusakan adalah Hardisk. sebenarnya kerusakan pada hardisk ada dua factor penyebab yaitu dari dalam dan dari Luar. Kalau dari dalam maksudnya adalah serangan Virus pada Komputer, bisanya Virus menyerang computer anda dan file file pada hardisk anda akan rusak cara ini dapat dicegah dengan menginstall sebuah anti virus yang terpercaya dan anda sering mengupdate anti virus tersebut, sedan gkan kerusakan dari Luar ada banyak macamnya, misalnya saja goncangan, Sumber Listrik yang naik turun. Komputer sering mati dengan tidak menggunakan prosedur yang standar, ( menekan start, Turn Off, atau menekan tombol Power) hal ini biasanya disebabkan oleh listrik mati mendadak.

Tips agar Hardisk anda tahan lama.


1. Pisahkan data pada hardisk dengan system operasi yang berjalan.

Disamping ternyata mempunyai tempat untuk memisahkan data data file dan Sistem operasi mempermudah anda dalam manajemen data tersebut ternyata juga dapat menambah umur hardisk anda. Sehingga ti dak ada salahnya anda melakukan ini, disamping ketika anda ingin menginstall ulang system operasi anda dapat melakukan backup dengan mudah.


2. Pastikan suhu pada Hardisk tidak terlalu panas.

Kompenen apapun kalau suhunya terlalu panas akan menyebabkan hardware tersebut cepat rusak, tak terkecuali hardisik. Untuk mendinginkan sebuah Hardisk anda memerlukan kipas yang cukup, tidak hanya itu pastikan sirkulasi udara pada desktop anda berjalan dengan benar. Khusus untuk penggunaka Laptop anda dapat menggunakan Coolling pad sehingga bagian dalam laptop anda tidak cepat panas.


3. Pastikan kalau hardisk anda tidak mengalami goncangan.

Walaupun secara kasat mata bentuk hardisk adalah keras, ternyata Hardisk sangatlah rentan terhadap goncangan. Ketika anda memindah kan computer atau laptop anda harus sangat berhati hati agar hardisk tidak tergoncang.


4. Gunakan Stabilizer.

Fungsi stabilizer adalah untuk mencegah agar Hardisk anda tidak mengkonsumsi listrik yang naik turun, menggunakan stabilizer tidak hanya membuat kompenen hardisk anda tahan lama akan tetapi juga pada kompenen yang lain seperti RAM, Motherboard, CPU, Power Supply anda akan awet..


5. Sering bersihkan Bagian dalam Komputer anda dari debu.

Kotoran yang melekat pada bagian computer akan sangat berakibat buruk pada computer, anda misalnya saja ketika kipas anda berdebu otomatis kinerjanya akan melambat sehingga suhu pada bagian dalam Komputer tidak teratur, oleh karena itu bersihkan bagian dalam Komputer anda secara teratur agar awet dan tahan lama.


6. Pastikan Hardisk terpasang dengan kencang pada tempatnya.

Ternyata sebagian orang tidak menyadari betapa pentingnya ini, seandainya anda tidak memasang hardisk dengan kencang maka Hardisk akan mengalami banyak goncangan dan akan berakibat buruk, pastikan hardisk terpasang dengan kuat sehingga akan terjadi minim goncangan pada h ardisk ketika computer dinyalakan

0 Response to "Cara merawat hardisk pada Komputer/Laptop agar tahan lama"

Post a Comment

iklan