iklan

Masalah masalah Pada Hardisk dan Penanggulangannya.

Hardisk adalah tempat penyimpanan file atau document pada Komputer, sehingga kegunaannya sangat vital. Seandanya anda adalah seorang yang mengurus bagian document sebuah perusahaan, dan atasan anda meminta untuk segera mengkopi data data document penting perusahaan , dan anda membuka computer anda tiba tiba atau tidak dapat booting, computer tidak mau menyala, setelah anda mengecek RAM anda ternyata tidak ada masalah bisa terjadi ini diakibatkan oleh masalah pada hardisk. nah berikut ini akan saya tulis masalah masalah yang sering terjadi pada Hardisk/computer atau Laptop beserta Solusi penyelesaiannya.

Langkah pertama untuk menentukan Hardisk bermasalah atau tidak.

Sebelum melakukan langkah langkah yang kadang membuat masalah semakin berat, tidak ada salahnya melakukan pengecekan ulang apakah hardisk benar benar bermasalah atau tidak, langkah pertama adalah pastikan bahwa kabel yang terhubung pada Hardisk sudah terpasang dengan benar, ada dua kabel pada Hardisk yaitu Kabel penghubung Hardisk dengan Motherboard dan Kabel Penghubung Hardisk dengan PSU, pastikan kedua kabel tersebut sudah tertancap dengan benar. Seandainya anda telah Memerika Kable akan tetapi Hardisk masih belum terbaca Komputer, maka langkah selanjutnya adalah memindahkan hardisk ke dalam computer Lain, seandainya Komputer lain bisa mendeteksi Hardiks anda maka hardisk anda tidak ada masalah, mungkin masalahnya ada pada Kompenen Hardware lain. Akan tetapi jika pada setelah dipasang Pada Komputer lain Hardisk masih tidak dapat dibaca maka anda perlu mengganti Hardisk anda.

Gejala = Setelah Komputer dinyalakan muncul tulisan “ Operating System Not Found”

Permasalahan ini berarti Komputer tidak dapat membaca system operasi yang terinstall pada computer, sehingga Komputer tidak bisa menjalankan Program Windows, sebenarnya langkah menghadapi masalah ini adalah dengan mengganti Hardisk anda, karena gejala gejala seperti ini menandakan hardisk anda tidak dapat diandalkan lagi. Akan tetapi anda tidak ada salahnya untuk melakukan install ulang, install program windows anda. Setelah melakukan satu kali install ulang akan tetapi masih ada tulisan ini berarti kerusakan Hardisk sudah dalam tahap parah.

Gejala = Hardisk Failure

Anda dapat mengerti Hardisk Failure ketika anda melakukan Power on Self Test pada BIOS dan BIOS melaporkan permasalahan tersebut. Biasanya setelah itu maka Komputer tidak mau hidup dan gagal masuk kedalam system operasi. Solusi untuk masalah ini adalah. Lakukan pengecekan lagi pada BIOS anda apakah Hardisk terteteksi atau tidak jika ternyata Hardisk tidak terbaca maka anda harus mengganti Hardisk anda.

Gejala = Membuka dan Menutup program sangat Lambat

Setelah anda berhasil menyalakan computer dan anda membuka sebuah file document Microsoft Word akan tetapi program tersebut terasa lambat, maka anda harus melihat apakah jumlah file yang tersimpan pada Hardisk sudah sangat mepet, jika sangat mepet maka anda harus menghapus beberapa program atau file yang tidak penting, dan usahakan ada sekitar 10 % dari kapasitas hardisk kosong sehingga hardisk mempunyai ruang cukup. Akan tetapi setelah hardisk anda kapasitasnya sebenarnya masih banyak yang kosong, mungkin terdapat masalah lain pada Komputer anda bisa juga RAM, Bisa Juga CPU / Prosessor mengalami kepanasan.

Bad Sector Pada Hardisk.

Bad Sector adalah kondisi dimana ada bagian bagian tertentu pada Hardisk yang mengalami masalah, sehingga kinerjanya menjadi tidak maksimal, Bad Sector pada hardisk sebenarnya ada tingkatannya, kalau sudah parah berarti hardisk sudah rusak total, anda harus mengganti hardisk anda. Sedangkan dalam Tingkatan yang masih ringan. Bad Sector ringan anda masih bisa melakukan Booting Windows dengan Normal akan tetapi anda perlu melakukan langkah langkah ini untuk menambah kemampuan Hardisk anda. Yaitu dengan program Bawaan windows yaitu dengan defragmentation.

0 Response to "Masalah masalah Pada Hardisk dan Penanggulangannya. "

Post a Comment

iklan