iklan

Pengertian, fungsi dan Kompenen pada Hardisk

Hardisk Pada Komputer atau Laptop adalah salah satu bagian dari Hardware berbentuk persegi empat dan mempunyai fungsi sebagai tempat penyimpanan program atau File, segala sesuatu yang tersimpan pada hardisk akan disimpan secara permanen, maksudnya setelah tersimpan pada Hardisk dan Komputer anda mati, Hardisk akan tetap menyimpan file tersebut. Hal ini berbeda dengan RAM yang hanya berfungsi sebagai penyimpanan sementara, bahkan system operasi yang berjalan pada Komputer atau Laptop anda kebanyakan tersimpan dalam Hardisk. Contohnya seperti ini, ketika anda mengetik pada Microsoft Word dan anda menyimpan file tersebut ke dalam Hardisk dan anda mematikan Komputer, anda dapat melanjutkan ketikan anda pada hari berikutnya. Data yang tersimpan pada hardisk yang normal tidak akan hilang.hardisk sebenarnya ada dua yaitu hardisk internal dan Hardisk Eksternal, akan tetapi pada artikel ini dijelaskan tentang hardisk internal yaitu hardisk yang terletak pada bagian dalam Komputer atau Laptop anda. Kali ini akan dijelaskan tentang Kapasitas , Jenis Hardisk, Bagian Bagian Hardisk,

Kapasitas Pada Hardisk.

Sama seperti sebuah RAM, Kapasitas Hardisk juga bervariasi. Kapasitas paling sedikit hardisk yang pernah saya temui adalah 20 GB sampai 1 TB, semakin tinggi kapasitas Hardisk maka akan mengakibatkan semakin banyak file atau program yang dapat disimpan, sehingga semakin tinggi Kapasitas Hardisk akan semakin mahal pula, seandainya anda menyimpan hardisk sampai melebihi batas kapasitas maksimal akan berakibat Komputer anda akan melambat ketika anda menjalankan program tertentu, untuk itu ada baiknya anda memilih sebuah computer atau Laptop yang mempunyai kapasitas hardisk yang besar.

Jenis Jenis Hardisk
Hardisk
Hardisk

jenis Jenis hardisk ada dua macam yaitu SATA dan ATA, yang membedakan kedua jenis Hardisk terebut adalah jenis Kabel yang digunakan untuk mentransfer data. Pada dasarnya Kompenen Hardisk memiliki dua buah Kable yaitu Kabel sebagai penyedia energy pada Hardisk kable ini terhubung ke PSU sedangkan kabel satunya adalah Kabel yang menghubungkan antara Hardisk ke Motherboard, Hardisk ATA mempunyai ukuran kabel yang lebih besar, kekurangan dari Hardisk ATA adalah memiliki kemampuan transfer data lebih lambat dari pada hardisk SATA. Hardisk ATA mempunyai kemampuan maksimal transfer data sampai 133 MB/detik, sedangkan Hardisk SATA walaupun memiliki kabel yang lebih kecil akan tetapi mempunyai kecepatan transfer data yang lebih cepat yaitu sampai 750 MB/detik. Bianya kalau kalian membeli Komputer Dekstop terbaru maka kebanyakan akan menggunakan Hardisk SATA sebagai hardisknya.

Bagian Bagian Hardisk

Hardisk adalah tempat penyimpanan file atau program computer,sehingga kalau Hardisk anda ada masalah maka akibatnya akan sangat fatal. Berikut ini akan dijelaskan tentang bagian bagian Hardisk. Untuk lebih memahami bagian pada Hardisk perhatikan penjelasan dibawah ini.


1. Platter
Platter berbentuk piringan yang padat yang bermagnet, tempat ini adalah tempat data disimpan.

2. Spindle
Spindle adalah tempat Platter, fungsi dari Spindle ini adalah membuat sebuah disk berputar, sama dengan Splinder pada Pemutar Kaset.

3. IDE Konektor
Ini terletak pada bagian Luar hardisk, Ide Konektor adalah tempat kabel yang akan menghubungkan antara Hardisk dengan motherboard.

4. Logic Board
Logic Board merupakan papan pengoperasian pada hardisk, dimana pada logic Board terdapat Bios Hardisk sehingga hardisk pada saat dihubungkan ke Mother Board secara otomatis mengenal hardisk tersebut, seperti Maxtor, Seagete dll. selain tempat Bios hardisk Logic Board juga tempat switch atau pendistribusian Power Supply dan data dari Head Hardisk ke mother Board untuk ki kontrol oleh Processor.

0 Response to "Pengertian, fungsi dan Kompenen pada Hardisk "

Post a Comment

iklan