iklan

Permasalahan pada RAM dan Solusinya

RAM merupakan Perangkat keras Komputer yang sangat vital, sehingga kalau mengalami kerusakan Komputer atau Laptop anda akan berakibat tidak dapat nyhala sama sekali. Akan tetapi Kerusakan pada RAM tidak sesering kerusakan pada Hardisk atau DVD Player anda, hal ini karena Kinerja RAM tidak bergerak seperti Hardisk yang terdiri dari piringan yang bergerak. Sehingga kadang kadang ada perusahaan pembuat RAM yang berani menggaransi produk RAM nya seumur hidup. Akan tetapi namanya juga barang buatan manusia, suatu saat pasti mengalami masalah, nah dalam artikel kali ini saya akan mengulas tentang ciri – ciri kerusakan pada RAM, Penyebab Kerusakan pada RAM, Cara mengatasi masalah masalah pada RAM.

Ciri CIri RAM mengalami Masalah

1. Kinerja Komputer semakin melamban. Setelah kalian berhasil menyalakan Komputer/Laptop dan menjalankan beberapa Program, beberapa saat setelah program dijalankan tiba tiba kinerja computer anda semakin menurun maka hal ini ada kemungkian RAM anda ada masalah, kadang masalah lain pada Hardisk dan prosessor juga bisa, akan tetapi tidak ada salahnya kalian memeriksa RAM kalian terlebih dahulu karena mengecek keadaan RAM adalah langkah Paling mudah.

2. Komputer/laptop sering Restart sendiri. Setelah anda menyalakan Komputer dan anda sedang asyik asyiknya berselancar di Internet sambil mendengarkan Musik lewat You Tube tiba tiba computer/laptop anda restart sendiri, ini bisa disebabkan oleh rusaknya RAM pada Komputer anda.

3. Tiba tiba layar anda Blue Screen, susah untuk menjelaskan hal ini kalau belum pernah mengalami. Akan tetapi seandainya anda sedang menjalankan program tiba tiba layar computer anda berubah menjadi biru ini merupakan ciri-ciri RAM anda bermasalah.

4. Komputer tidak dapat menyala/ alias gagal Booting dan berbunyi beep. hal ini bisa disebabkan oleh rusaknya RAM

5. Anda sering gagal dalam menginstall software. Walaupun menginstall software sering terjadi kegagalan salah satu penyebab kegagalan ini adalah RAM yang buruk,akan tetapi sebenarnya masih ada kemugkinan penyebab lain.

Penyebab RAM mengalami Masalah dan solusinya

1. Tegangan Listrik yang tidak stabil

Segala peralatan elektronik seandainya terkena tegangan listrik yang tidak stabil pasti akan mengalami kerusakan. Laptop atau Komputer anda kalau dalam keadaan tegangan listrik yang tidak stabil akan membuat kerusakan pada hardware, tidak hanya RAM bagian yang sering terkena adalah Hardisk Komputer anda. Solusi untuk masalah tegangan Listrik yang tidak stabil adalah dengan menggunakan Stabilizer atau UPS, UPS akan sangat berguna karena kalau tiba tiba listrik mati mendadak anda masih dapat mensuttdown Komputer anda dengan prosedur yang benar.

2. Slot Memori Pada RAM berdebu.

Debu dapat menghambat kinerja RAM, bahkan seandainya RAM anda terkena kotoran debu bisa mengakibatkan Komputer/laptop gagal Booting. Usahakan anda sesering mungkin membersihkan computer anda, lalu khusus untuk RAM ada Teknik khusus yang mudah ketika anda mau membersihkannya, yaitu dengan cara menggosok kuningan pada RAM dengan karet penghapus, hal ini terbukti efektif dalam membersihkan RAM.

3. RAM tidak sesuai dengan Motherboard anda.

Ketika anda ingin mempercepat kinerja Komputer anda, biasanya kebanyakan orang adalah menambahkan kapasitas RAM mereka. Kadang anda tidak begitu cermat dalam menambahkan RAM, RAM yang anda tambahkan harus berjenis sama untuk memaksimalkan kinerja keduanya. Seandainya salah satu tidak cocok akan menyebabkan computer tidak bisa booting.

4. Anda Melakukan Overclocking. Overclocking pada RAM sering digunakan, hal ini untuk memaksimalkan kinerja RAM anda sampai benar benar maksimal akan tetapi kadang berakibat fatal yaitu RAM anda rusak. Jadi sebelum anda melakukan Overclocking ada baiknya untuk mengetahui tips dan trik dalam overclocking RAM yang benar

0 Response to "Permasalahan pada RAM dan Solusinya"

Post a Comment

iklan