iklan

Tips dan Cara mengupgrade atau menambah Kapasitas RAM pada Komputer atau Laptop

Menambah Kapasitas RAM
Menambah Kapasitas RAM 

Mengupgrade RAM adalah salah satu cara paling cepat, mudah dan murah untuk meningkatkan kecepatan Komputer/Laptop anda. Mengupgrade atau menambahkan kapasitas RAM tidak memerlukan keahlian khusus, bahkan kebanyakan orang yang tidak memiliki keahlian tentang teknis computer juga bisa melakukannya. Setelah anda berhasil menambah kapasitas RAM maka kinerja computer akan semakin kencang.

Akhir akhir ini, semakin majunya teknologi dibidang perkembangan Software dan Grafis kita membutuhkan sebuah kompenen hardware pada Komputer yang mumpuni. Seandainya dalam computer anda hanya tersedia RAM sebesar 512 MB dan anda masih menggunakan system operasi Windows Xp, mungkin untuk urusan pekerjaan kantor macam Office dan mendengarkan lagu Mp3 masih mampu, akan tetapi ketika anda ingin berselancar di Internet maka situasi akan semakin buruk, mungkin computer anda akan terasa sangat lamban dan yang harus kalian ketahui adalah Sistem Operasi Windows 7 akan memerlukan RAM minimal 1 GB untuk bisa berjalan dengan lancar. Dan bagaimana jika Komputer/Laptop anda masih menggunakn Memori sebesar 512 MB nah solusi termudahnya adalah mengupgrade atau menambah kapasitas RAM anda. Berikut ini cara dan Tips untuk mengupgrade/menambah kapasitas RAM anda.

1. Kenali Jenis RAM anda.
RAM memang ada banyak Jenisnya ada DDR 1, DDR 2, dan DDR 3 bahkan sekarang ada DDR 4. Anda tidak dapat memasang RAM berjenis DDR 2 ke dalam Slot pada DDR 1 begitu juga sebaliknya, sebelum anda salah membeli jenis RAM pada Komputer atau Laptop anda tidak ada salahnya anda harus mengerti jenis RAM anda. Caranya dengan melihat terlebih dahulu pada RAM anda dengan membuka Chasing dan melihat tulisan pada RAM anda. Tentu saja ini sedikit ribet atau cara yang lebih simple adalah anda dapat mengetahui melalui Software, untuk lebih mengetahui cara jenis RAM lewat Software Klik disini.

2. Mengetahui Kapasitas RAM
Anda tidak dapat menambah RAM melebihi kapasitas yang dimiliki, lihat dulu jenis system operasi yang digunakan, Kapasitas Motherboard, kapasitas Prosessor. Ingat Untuk system operasi Windows 32 Bit anda dapat mengupgrade maksimal sampai 4 GB anda tidak dapat melebihi kapasitas tersebut, sedangkan untuk Windows 64 Bit kapasitas maksimalnya sampai 128 GB RAM, sedangkan masing masing Motherboard dan Prosessor juga memiliki kapasitas yang berbeda beda. Lihat produk anda dulu dan cari di situs resminya untuk mengetahui berapa kapasitas maksimla dari hardware anda.

3. Sebaiknya anda memasang Memori RAM yang sama persis jenis dan ukuran nya pada Komputer anda, karena kalau berbeda jenis
kinerja dari kedua RAM tersebut tidak akan maksimal kadang berakibat Komputer anda mati atau tidak bisa booting. Misalnya saja anda mempunyai RAM 1 GB dan anda ingin menambah kapasitas Memori anda sampai 2 GB, sebaiknya anda membeli ram dengan Kapasitas 1G yang berjenis sama, kinerja dari 2 GB dari 1 GB + 500 Mb + 500 Mb tidak akan maksimal malah computer anda kadang kala akan mati/gagal booting.

Cara Mengupgrade RAM

1. Pastikan tidak ada aliran Listrik apapun sebelum anda membuka dan memegang Kompenen Hardware pada Komputer/Laptop. Hal ini dapat dilakukan dengan mensutdown Komputer anda dan memutuskan aliran listrik, seandainya anda masih ragu anda dapat mendiamkan dulu computer/laptop anda minimal selama 5 sampai 10 menit, untuk menghilangkan sisa sisa listrik yang masih ada pada kompenen Hardware anda.

2. Cari Slot RAM dan Copotlah RAM anda dengan menekan ujung RAM tersebut, kalau anda menekan dengan Benar maka ujung RAM
tersebut akan membuka Kunci/pengait sehingga anda dapat melepas RAM pada Komputer anda, ini dilakukan untuk menganti RAM bukan menambah seumpamanya anda punya 1 GB dan ingin menggantinya ke 2 GB

3. Untuk menambah anda tinggal menambahkan dan memasang RAM di sebelah slot RAM yang sudah terisi, pastikan ketika anda
memasang RAM sudah terpasang dengan Benar sehingga Motherboard dapat membaca RAM yang baru terpasang. Untuk memastikan RAM terpasang dengan benar pastikan kunci/pengait pada RAM terpasang dan mengunci RAM sehingga RAM terasa kencang ketika anda gunakan.

4. Setelah chek apakah RAM terpasang dengan Benar dengan menyalakan Komputer jika nyala dan tanpa masalah cek di dengan klik kanan pada My Computer dan pastikan kapasitas bertambah.

5. Jika kadang kadang Komputer mati atau Gagal Booting, berarti ini adalah indikasi RAM yang anda pasang tidak sesuai dengan Motherboard. langkah selanjutnya adalah copot RAM yang baru terpasang dan anda harus mencari RAM yang sesuai.

0 Response to "Tips dan Cara mengupgrade atau menambah Kapasitas RAM pada Komputer atau Laptop"

Post a Comment

iklan