iklan

CPU atau Prosessor pada Komputer

Prosessor pada computer adalah sebuah bagian dari Hardware computer yang sangat penting sekali, bahkan ketika kita mau membeli Komputer atau Laptop yang pertama kita tanyakan terlebih dahulu adalah Prosessor dari Komputer atau laptop, memang walaupun perangkat keras ini mempunyai bentuk yang kecil akan tetapi peran dalam kecepatan suatu Komputer sangat fatal. Pengertian dari Prosessor sendiri adalah bagian dari perangkat keras/hardware yang mempunyai fungsi untuk menjalankan perintah program. Secara garis besar kalau kita analogikan dengan bagian tubuh kita, Prosessor atau CPU adalah otak yang menentukan kecerdasan seseorang, semakin tinggi otak maka performa akan semakin baik. Semakin baik sebuah prosesor akan semakin mempercepat perintah, tidak pedulu itu adalah perintah yang ringan ( sekedar menulis dalam Microsoft word atau perintah yang berat seperti edit video semua membutuhkan kinerja Prosessor). Sehingga dapat disimpulkan bahwa kalau kalian mau membei computer atau Laptop yang harus kalian perhatikan terlebih dahulu adalah kecepatan prosesornya.

Bagian Bagian pada Cpu / Prosessor

Bagian pertama adalah ALU ( Arithmetic Logic Unit( ALU) yang mana menunjukkan sebuah arithmetic yang sederhana dan perintah logical.

Bagian kedua adalah Control Unit yang mana bertugas untuk mengatur berbagai macam perintah pada kompenen computer. Bagian ini membaca dan menerjemahkan perintah dari memori dan mentransformasikan mereka kedalam beberapa sinyal untuk mengaktifkan bagian lain computer .

Bagian ketiga adalah Cache. Mempunyai fungsi melayani memori yang cepat dimana perintah dapat dikopi dan membawanya kembali. Dulunya CPU mempunyai bagian yang terpisah pisah, akan tetapi seiring dengan berkembangnya teknologi, CPU atau PRosessor bagian bagiannya dijadikan menjadi satu sehingga Prosessor atau CPU sering juga disebut dengan microprosessor karena ukurannya yang kecil.

Letak dan ukuran dari Prosessor. Prossesor terletak pada menempel pada soket motherboard dan dilindungi oleh kipas yang berfungsi sebagai pendingin, atau menjaga suhu prosessor agar tidak terlalu panas, semakin tinggi suhu prosessor akan membuat kinerjanya menjadi semakin lambat, sehingga kita juga harus memperhatikan suhu prosessor agar tetap stabil bahkan jika kita memaksa kinerja prossessor melebihi batas normalnya maka akan membuat computer kita tiba tiba restart sendiri atau bahkan prosseor tersebut akan rusak.

Kecepatan pada Prosessor/ CPU Sebenarnya kita tidak perlu menghitung kecepatan dari CPU yang akan kita beli, semakin mahal sebuah prosessor pasti akan semakin baik pula. Tapi agar kita tidak salah dalam membeli kita harus mengetahui kecepatan dari CPU atau Prosessor kita.

1. Perhatikan clock speednya.

Bagaimana untuk menentukan clock speed tersebut, biasanya kita dapat melihat secara langsung bagian ini ketika kita memegangnya, akan tetapi kalau Prosessor kita sudah terpasang pada Komputer atau Laptop kita dapat melihatnya dengan cara mengklik kanan pada icon My Computer , kemudian pilih Properties setelah itu lihat beraga Ghz kecepatan Prosessor tersebut. Semakin tinggi Ghz akan membuat PRosessor kita semakin cepat kinerjanya. Misalnya kita mempunyai dua buah computer dengan prosessor yang berbeda Pentium 4 3, 0 Ghz dan Pentium 4 2,0 Ghz, maka computer dengan prosessor 3,0 Ghz akan semakin cepat kinerjanya, meskipun kadang factor RAM juga sangat menentukan kinerja computer akan tetapi kita analogikan seakan akan mempunyai perangkat keras yang sama yang berbeda hanya Prosessor atau CPU nya saja.

2. Jumlah core

Cumlah core sangat menentukan kinerja dari suatu prosessor, single Core, dual Core dan Quad Core adalah jumlah core yang biasanya ada pada sebuah CPU atau Prosessor. Semakin tinggi banyak core akan semakin cepat.

Kerusakan pada CPU atau PRosessor

Sebenarnya Cpu atau prosessor sangat jarang sekali mengalami kerusakan karena tidak seperti pada Hardisk yang bagian dalamnya selalu berputar ketika dijalankan, Prosessor selalu diam, akan tetapi sering sekali prosessor kita mengalami kinerja yang melambat hal ini karena suhu pada kipas yang kotor dan bersihkan kotoran tersebut maka prosessor akan normal. Bahkan ada produk tertuntu yang berani mengganransi prosessor sangat lama karena memang kompenen hardware ini sangat awet.

0 Response to "CPU atau Prosessor pada Komputer "

Post a Comment

iklan